Pages

Labels

Selasa, 11 Oktober 2016

Puasa 'Asyuro Walau Dalam Keadaan Safar

Oleh:
Ust. Muhammad Yusran Anshar, Lc,MA hafidzahullahu

اللَّيْثُ: عَنْ مُعَاوِيَةَ بنِ صَالِحٍ، أَنَّ أَبَا جَبَلَةَ حَدَّثَهُ، قَالَ:
كُنْتُ مَعَ ابْنِ شِهَابٍ فِي سَفَرٍ، فَصَامَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ، فَقِيْلَ لَهُ: لِمَ تَصُومُ وَأَنْتَ تُفطِرُ فِي رَمَضَانَ فِي السَّفَرِ؟!
قَالَ: إِنَّ رَمَضَانَ لَهُ عِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ، وَإِنَّ عَاشُوْرَاءَ يَفُوْتُ. (سير أعلام النبلاء للذهبي 5/ 342)

Berkata Al-Laits: dari Mu'awiyah bin Shalih, bahwasanya Abu Jabalah telah menyampaikan kepadanya: Saya pernah bersama Ibnu Shihab dalam sebuah safar (perjalanan) dan beliau berpuasa 'Asyura. Ketika beliau ditanya; mengapa anda berpuasa? Sedang di Bulan Ramadhan jika anda safar anda berbuka (tidak berpuasa)?. Beliau menjawab: "SESUNGGUHNYA RAMADHAN BISA DIGANTI PADA HARI-HARI LAIN SEDANG 'ASYURA (KESEMPATANNYA) AKAN HILANG".
(Siar A'lamin Nubala 5/342)

ini menunjukkan kedalaman Fiqh beliau, kesempatan berpuasa 'Asyura hanya terbatas pada tgl 10 dan tidak bisa diganti pada hari lain sehingga beliau berusaha berpuasa pada hari itu walau beliau dalam kondisi musafir, yang mana seorang musafir dibolehkan untuk tidak berpuasa wajib di bulan Ramadhan namun, bisa diganti diluar Bulan Ramadhan..

Belajar Islam Intensif

0 komentar:

Posting Komentar