Pages

Labels

Selasa, 23 Februari 2016

Berhati-hatilah Menukil Hadits

Saat khutbah jumat lalu, saya menyampaikan sebuah kisah yang pernah saya dengar dari salah seorang dai sunnah.

Beberapa hari kemudian, Syaikh menanyakan kepada saya tentang keshohihan hadits tentang perkataan Ibrahim dan Jibril 'alaihimassalam. Saya jawab saya belum cek, tapi pernah saya dengar dari salah seorang dai sunnah. Beliau mengangguk-angguk dan meminta saya untuk mengecek di Maktabah Syamilah.

Pelajaran:
1. Berhati-hatilah mengucapkan sesuatu yang dinisbatkan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam
2. Guru mestinya semangat meluruskan muridnya dengan cara yang baik dan tidak menyinggung perasaannya
3. Seharusnya seorang muslim semangat dalam membela Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam

**
Sikap beliau ini benar-benar membekas dalam hati saya. Betapa beliau tidak langsung menegur hari itu juga namun menunggu beberapa hari. Beliau tidak lupa, hanya mencari waktu yang tepat. Masya Allah...

0 komentar:

Posting Komentar