Pages

Labels

Jumat, 26 Februari 2016

Mari Berziarah..

Keutamaan ziarah:

1. Sebab mendapatkan kecintaan Allah (berdasarkan hadits tentang seorang yang mengunjungi saudaranya tanpa alasan apa pun selain karena kecintaan karena Allah)

2. Sebab mendapat naungan Allah pada hari kiamat, karena dengan ziarah akan menumbuhkan kecintaan. Kecintaan ini akan menjadikan pelakunya mendapatkan naungan Allah pada hari kiamat

Ziarah kepada muslim lain bukanlah di antara perkara menyi-nyiakan waktu. Namun niat ziarah sangat menentukan.

Amalan orang berilmu dan yang tidak bisa saja sama dari sisi zhohirnya, namun pahalanya bisa jadi sejauh bumi dan langit.
Begitu pula ziarah, jadikan ia sebagai ladang pahala.

Jika menganggap ibadah itu hanya dengan sholat, atau selalu di masjid, maka itu keliru. Seorang muslim, semua waktunya adalah ibadah.

Dalam ziarah, niatkan ia ibadah. Dengan mengunjungi saudara, akan tumbuh kecintaan, bisa menimbulkan perkataan-perkataan thoyyib, atau bertaawun dalam kebaikan. Semuanya bernilai ibadah. Tidak ada yang sia-sia jika diniatkan untuk ibadah karena Allah.

Syaikh kamal berkata, "Dulu jika saya tidak belajar atau menghapal maka saya sakit", maka syaikhnya mengatakan bahwa sikapnya keliru, bahwa ibadah bukan hanya terbatas pada menuntut ilmu.

Ziarah juga tidak bisa dikatakan menyiakan waktu, karena di dalamnya terkandung banya faidah dan ibadah. Bahkan ziarah merupakan ibadah mustaqillah(tersendiri).

Bahkan di Yaman, syeikh mengatakan bahwa kegiatan ziarah adalah hal yang sering dilakukan di kalangan penuntut ilmu. Karena di dalamnya banyak keutamaan.

***
Akhukum, Risaluddin Syam
Lubuk Linggau, 17 Jumadil Ula 1437/27-2-2016

(Faidah yang banyak dari perjalanan ziarah keliling, namun yang saya tulis adalah apa yang sempat saya ingat)

0 komentar:

Posting Komentar