Pages

Labels

Minggu, 22 Mei 2016

Ngerinya Bikin Dosa Jariyah tanpa Sadar

Amal jariyah sudah sering kita dengarkan. Nabi shallallaahu alaihi wasallam bersabda

اذا مات ابن آدم انقطع عمله الا من ثلاثة : صدقة جارية ام علم ينتفع به او ولد صالح يدع له

Artinya: Jika salah seorang keturunan Adam meninggal, putuslah amal-amalnya kecuali tiga yaitu sedeah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakannya

Semoga kita semua bisa memperbanyak amal jariyah yang pahalanya terus mengalir meski kita sudah mati. Tapi ingat, dalam beramal harus ikhlas hanya untuk Allah dan harus sesuai dengan yang diajarkan Nabi Muhammad Shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Nah ini yang bikin bingung..
Banyak di antara kita yang justru menabung dosa jariyah. Banyak yang sadar dan banyak juga yang tida sadar.

Termasuk bentuk menyebarkan dosa jariyah yang kebanyakan pelakunya tidak sadar yaitu turut menyebarkan foto-foto perempuan di internet.

sebagian sih menyebar foto perempuan berjilbab, tapi jilbabnya setengah-setengah. Lekukannya mungkin nampak. Inikan auratnya masih kelihatan? Lihat aurat orang kan dosa.. terus kalau disebar, yang lihat juga ikut dosa gara-gara yang nyebar..

Mending kalau pake jilbab. Kalau nggak? Apalagi kalau foto seksi? Ini persoalannya tambah parah.

termasuk yang perlu diwaspadai juga, mengirimkan link berita ke medsos yang ternyata berita itu mengandung gambar perempuan. Misalnya, link berita Tragedi Pelecehan atau pemerkosaan. Biasanya berita seperti itu menampilkan gambar si korban.
Terus, link itu ada yang nge-klik. Baca berita plus liat gambarnya (kemungkinan besar gambar itu gambar yang tidak halal melihatnya). Yang melihatnya tambah dosa. Tapi gara-gara siapa? Ya gara-gara yang nyebar link berita itu. Kira-kira dia sadar nggak kalau sudah berdosa? Kayaknya nggak..

Begitu juga yang suka update foto-foto di fb, insta atau medsos lain, khususnya saudari-saudari sekalian.. hati-hati dosa jariyah..

Anggaplah habis nyebarin sesuatu yang mengandung dosa terus mati. Nah, sudah dikubur masih dapat kiriman dosa. Ngeri amat. نعوذ بالله من ذالك.

.: Abu Muhammad :.
Jonggol-Malam Senin, 16 Sya'ban 1437/22-5-2016

0 komentar:

Posting Komentar