Pages

Labels

Jumat, 14 Februari 2014

Tentang Pemuda

CATATAN PENGAJIAN MALAM JUMAT
MALAM JUMAT, 13 RABI’UL AKHIR 1435H/13 FEBRUARI 2014
MASJID UMAR BIN KHATTAB DPP WI, ANTANG
UST. BUDI ASHARI,LC.

Ketika kita baca surah al-kahfi, saat Allah# menyebutkan kisah tentang pemuda, Allah# menutup ayat tersebut dengan pujian.

***


Fityan adalah jamak dari kata fata, yakni sangat muda.  Fata lebih muda daripada syabaab.   Dari kisah ini, Ibnu Katsir menyebutkan bahwa pendukung dakwah rasulullah adalah para pemuda.  Adapun orang-orang tua dari kalangan quraysy itu mati kafir.  Dari kalimat ini, ada beberapa pelajaran:

1.   Jika sebuah pengajian/masjid/lembaga islam atau apapun diisi dengan pemuda maka itu hal yang baik. 
2.  Orang-orang usia tua terkadang menganggap karena sudah banyak pengalaman sehingga sulit menerima hidayah.  Lihatlah Abu Thalib paman Rasulullah, ia adalah seorang yang sangat dekat dengan wahyu dan banyak mendukung Nabi@, tapi akhirnya ia juga tidak kunjung mendapatkan hidayah.  Penyebabnya ada di akhir kehidupannya saat nabi@ mengajaknya mengucapkan Laa Ilaaha illallaah.  Kalimat Abu Thalib adalah, “Apa nanti kata kaumku kalau di akhir kehidupanku ini aku mengikuti agamamu”  Jadi penyebabnya adalah karena takut kata orang.

Jangan jadi orang besar sebelum shalih” (Ust. Budi Ashari)

Lihatlah Abu Thalib! Karena sudah terlanjur besar sebelum shalih, akhirnya ia mati dalam keadaan kafir.

Maka bersyukurlah jika sejak muda kita sudah shalih.

Kata “Fityah” dalam al-Qur’an bukan satu-satunya berada dalam surah al-Kahfi.  Kata “fata” juga disebutkan dalam kisah penghancuran patung-patung berhala oleh Ibrahim ‘alaihissalam.  Jadi waktu Ibrahim menghancurkan simbol-simbol kemusyrikan itu, usianya masih sangat beliau.  Ibrahim tatkala itu bukan hanya menghindari kemusrikan namun juga menghancurkannya.

Kata “fata” juga disebutkan dalam QS. Yusuf.  Yakni dua pemuda yang ikut terpenjara bersama Yusuf.  Dalam kitab Tafsir, dua pemuda ini adalah dua pemuda yang sangat berbeda, satu berakhlak buruk dan satunya baik.  Disebutkan bahwa mereka pelayan raja.  Jadi, orang yang masuk penjara belum tentu orang yang buruk.

Disebutkan, raja di negeri tersebut  adalah raja yang tidak disenangi dan sudah lama memimpin.  Akhirnya diracuni oleh orang-orang yang tidak menyenanginya.  Salah satu dari … (terpotong)

Ini bukan untuk menghilangkan peran orang tua.

***

Berapa usia 10 sahabat yang dijamin Surga?  Waktu rasulullah berumur 40 tahun saat dapat wahyu pertama? (1) Tidak ada yang lebih tua dari Nabi@ (2) Yang paling tua Abu Bakar, yang usianya kurang lebih 3 tahun lebih muda dari nabi@, (3) Yang waktu Nabi usia 40, yang kepala tiga (lebih dari 30 tahun) baru tiga orang yakni Abu bakar, Utsman dan Abdurrahman, berarti tujuh orang masih 20 tahun lebih, (4) Dari 10 ini, 5 orang berusia di bawah 20 tahun.  Dahsyat, mereka adalah  anak-anak muda.

***

Ibnu Abbas saat Rasulullah wafat baru 13 tahun. Umar naik jadi khalifah,  usinya Ibnu Abbas 15 atau 16 tahun.  Umar mengatkat Ibnu Abbas sebagai staf ahli mengurus kekhilafahan. 


Harun Ar-Rasyid dilantik kepada khalifah pada usia 20 tahun(malam Jumat)

0 komentar:

Posting Komentar