Pages

Labels

Senin, 03 Maret 2014

Beginilah Pakaian Kesukaan Kekasih kita, Rasulullah...

MALAM AHAD, 8 RABI’UL AKHIR 1435H/08-02-2014
MASJID WIHDATUL UMMAH
UST. H. MUHAMMAD YUSRAN ANSHAR, LC.,MA.
BAB 118 : LEBIH UTAMANYA MENGGUNAKAN GAMIS

786. Dari Ummu Salamah radhiallahu 'anha, katanya: "Pakaian yang amat dicintai oleh Rasulullah @ ialah baju gamis."  Diriwayatkan oleh Imam-imam Abu Dawud dan Termidzi dan ia mengatakan bahwa ini adalah Hadis hasan.

Faidah:
1.  Istri nabi menyampaikan pakaian yang paling disukai Nabi@.  Seseorang yang cinta dengan seseorang, menyukai apa yang dicintai oleh orang yang dicintainya.  Karena ini adalah konsekuensi cinta.  Demikian pula Ummu Salamah.


2.  Bahwa Nabi@ tidak hanya memakai satu jenis pakaian.  Tapi dari semua jenis pakaian itu, yang paling beliau sukai adalah al-qomish.
3.  Apa yang dimaksud dengan al-qomishQomish yang diistilahkan di zaman itu sama dengan istilah kita ‘jubah’ di zaman ini.  Yakni pakaian yang tidak terpisah.  Pakaian dulu yang sering dipakai adalah pakaian atas dan sarung(pakaian bawah). 
4.  Mengapa Nabi lebih suka qomish? Para lama menjawab. 
Pertama, karena qomish terbuat dari bahan yang sederhana.  Kedua, lebih praktis, dengan sekali pakai sudah menutup seluruh aurat.  Ketiga, untuk menghindari terjatuh sehingga merepotkan (misalnya sarungnya melorot).  Sedangkan rasulullah@ tidak suka merepotkan dirinya.  Rasulullah@ jika ditawarkan urusan dunia, beliau selalu memilih yang mudah, jika ditwarkan kepadanya urusan akhirat beliau memilih yang paling afdhol meski terkadang menyulitkan.

Syaikh Utsaimin mengingatkan bahwa qomish itulah yang terbaik dan lebih dicintai Allah#.  Namun jika satu negeri tidak biasa dengan pakaian itu dan memiliki pakaian khusus yang tidak melanggar syariat, maka sebaiknya tetap menggunakan pakaian yang umum dipakai di negerinya tersebut.

Namun dalam kondisi yang membuat orang tidak menganggap aneh, maka silahkan kenakan qomish.

Namun hendaknya qomish itu juga memenuhi syarat pakaian islami, di antaranya kainnya tidak tipis


BAB 119 : SIFAT PANJANGNYA GAMIS, LOBANG TANGAN BAJU, SARUNG, UJUNG SORBAN DAN HARAMNYA MENJULURKAN SESUATU DARI YANG TERSEBUT DI ATAS KARENA MAKSUD KESOMBONGAN DAN KEMAKRUHANNYA JIKALAU TIDAK KARENA MAKSUD KESOMBONGAN

787. Dari Asma' binti Yazid al-Anshariyah radhiallahu 'anha, kata-nya: "Lobang tangan gamisnya Rasulullah @ itu sampai pada pergelangan tangan."  Diriwayatkan oleh Imam-imam Abu Dawud dan Termidzi dan Termidzi mengatakan bahwa ini adalah Hadis hasan.

Sebagian ulama memasukkan memasukkan hadits di atas sebagai satu dari sebagian kecil hadits yang lemah dalam riyadhus shalihin.  Namun kelemahannya tidak sampai derajat palsu.  Meski lemah, tapi maknanya benar.  Umumnya ulama kita menjadikan hadits ini sebagai bayangan dimana batasan kain di lengan pada pakaian yang kita gunakan.

Faidah:
1. Umumnya nabi@ memakai lengan panjang.  Batasan lengan beliau sampai pergelangan.  Ulama memahami, pakaian yang melewati pergelangan dianggap berlebihan.  Afdholnya,jangan melebihi pergelangan.  Sebenarnya tidak mengapa dilipat, tapi dia menjadi bermasalah jika melipat-lipat pakaian dalam keadaan shalat(sebagian ulama minimal memakruhkannya)


788. Dari Ibnu Umar radhiallahu 'anhuma bahwasanya @ bersabda:  "Barangsiapa yang menarik bajunya - yakni menjulurkan sampai menyentuh tanah, baik yang berupa baju, sarung dan Iain-lain - karena maksud kesombongan, maka ia tidak akan dilihat oleh Allah pada hari kiamat - maksudnya tidak akan dilihat dengan rasa keridhaan dan kerahmatan."   Abu Bakar lalu berkata: "Ya Rasulullah, sesungguhnya sarungku itu selalu melorot saja - karena kurusnya badan, kecuali kalau saya membenarkan lagi letaknya, misalnya dengan diikat keras-keras atau diangkat ke atas." Maksudnya, apakah diancam dengan tindakan sebagaimana di atas itu. Rasulullah@ lalu menjawab: "Sesungguhnya anda tidak termasuk golongan orang yang melakukan semacam itu dengan maksud kesombongan," jadi tidak apa-apa hukumnya.  Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayat-kan sebagiannya.


*laptop lowbat (lobet), sehingga catatan terhenti sampai disini...

0 komentar:

Posting Komentar