Pages

Labels

Sabtu, 06 Agustus 2016

2 Hari Bersama Saudara-saudara- Silsilah Safar (3)

Di antara hal paling teringat adalah selama dua hari di kapal saya bersama rombongan saudara yang sedang khuruj (mereka dikenal dengan Jamaah Tabligh).

Mereka begitu semangat dalam menyampaikan dakwah. tiap habis solat pasti mereka ada yang ceramah singkat. Belum lagi mereka selalu berkeliling mengajak orang lain untuk solat di masjid. Seakan tak kenal sungkan. Mereka mendatangi orang-orang sembari senyum dan mengingatkan mereka tentang rububiyah Allah.
Ini poin yang saya catat betul, bahwa dalam ceramah-ceramahnya, mereka selalu mengingatkan tentang rububiyah Allah. Allah yang menciptakan, Allah yang memberi rezeki.

Tidak dipungkiri, cukup banyak juga hadits lemah yang mereka bawakan. Dan ini sebenarnya harus diluruskan. Karena nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda

من كذب علي متعمدا فليتبوء مقعده من النار
(Barangsiapa berdusta atas namaku hendaknya ia menyiapkan tempat duduknya di neraka)

Semoga Allah mengampuni saudara-saudara kita ini atas setiap kekeliruan mereka -dan siapakah manusia yang ma'shum- dan memberi mereka petunjuk. Dan begitu pula kita semua.

Namun, saya kagum pada mereka atas semangat mereka dalam dakwah.  Inilah yang ingin saya pelajari. Bukankah ini akhlak islam? Senyum pada saudara, menginginkan kebaikan untuk mereka.

Saya bukanlah yang bergabung dalam jamaah tabligh. Tapi, saya juga ingin bisa supel kepada orang lain, agar dakwah sunnah dakwah salaf ini tersebar dengan hikmah.

Perlu kita catat juga, bahwa tujuan kita mengingatkan rububiyah Allah agar mereka menyadari uluhiyah Allah sehingga mereka bisa terbebas dari syirik. Tauhid rububiyah saja belum cukup untuk bisa selamat dari neraka...

O iya, sebelum berpisah dari kapal, kita saling bersalam-salaman dan cipika cipiki. Semoga Allah menjaga mereka, saudara-saudaraku yang punya semangat berkorban untuk dakwah. Dan tetap berharap semoga nanti ada yang bisa meluruskan berbagai pemahaman yang keliru pada mereka. Amin.

#Ahad, 4 Dzulqo'dah 1437 @ 11.15 wita
#Makassar; di mush'ab masjid kenangan...

0 komentar:

Posting Komentar