Pages

Labels

Jumat, 12 Agustus 2016

Merangkai Kepingan Puzzle

Menuntut ilmu itu sedikit demi sedikit. Jangan tergesa-gesa mau dapat banyak. Belajarlah dari hal dasar. Dan yang paling penting di awal kali belajar adalah belajar aqidah yang benar. Pelajari kitab-kitab ulama rabbani. Yang ringkas dan mudah dulu semisa qowaiidul arba' atau ushulus sittah dan ushuluts tsalatsah.

Jika sudah mutqin bisa berpindah ke kitab lain dan bidang ilmu lain berdasarkan petunjuk para ulama.

Ilmu yang kita tuntut itu sedikit demi sedikit terbentuk menyerupai susunan puzzle. Suatu saat nanti akan tampak jelas puzzle ini sebenarnya puzzle apa. Ilmu, kalau terus kita pelajari, lama kelamaan akan membuat kita tahu mana yang haq mana yang batil, yang bidah dari yang sunnah dan yang syirik dari yang tauhid.

Teruslah belajar mengumpulkan keping-keping puzzle ilmu dari para ustadz, ulama, kyai, muallim atau mudarris yang mereka berpegang Teguh pada quran dan sunnah di atas pemahaman sahabat rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

#abumuhammad yang sedang mengumpulkan puzzle-puzzle informasi. Bertindak bagai detektif. Menganalisis serpihan-serpihan informasi yang didapat. Menuju sebuah gol. Nantikan!

@home, 11 Dzulqo'dah 1436/13-8-2016 pkl. 10.42wita

0 komentar:

Posting Komentar