Pages

Labels

Jumat, 12 Agustus 2016

Bingung? Istikhoroh aja!

Memang, dalam hidup ini kita akan menghadapi begitu banyak pilihan-pilihan. Sehingga membuat kita ragu. Bagaimanapun kita selalu ingin mendapatkan yang terbaik dari setiap pilihan.

Salah satu yang cukup membingungkan adalah memilih pendamping hidup. Soalnya ini bukan perkara satu atau dua hari. Tapi bisa jadi perkara seumur hidup. Salah pilih bisa runyam dan berkepanjangan masalahnya.

Alhamdulillah, agama ini agama yang sempurna. Nabi shallallahu alayhi wasallam  telah mengajarkan kita untuk melakukan sholat istikhoroh dalam kondisi-kondisi seperti ini.
Kurang lebih caranya (garis besar ya.. kalu mau dalilnya silakan merujuk pada artikel resmi dari situs kredibel atau dari kitab langsung.. ini blog catatan pribadi saya, kebanyakan isinya tidak mengikuti kaidah ilmiyah..)

1. Dari pilihan yang ada,  pilih satu yang hati paling condong kesitu

2. Wudhu, dan sholat 2 rakaat dengan niat istikhoroh (ingat! Niat itu tidak dilafadzkan, niat solat itu letaknya di hati)

3. Baca doa istikhoroh (doanya panjang, dibaca setelah doa tahiyat sebelum salam, meskipun ada pendapat yang bilang doanya habis solat dengan mengangkat tangan,  wallahu a'lam)

"Allahumma innii asta'khiruka bi'imika wa astaqdiruka biqudratika wa as-aluka min fadhlikal 'adzhiim.. fainnaka taqdir wa laa aqdir wa ta'lamu wa laa a'lam wa anta 'allaamul ghuyuub. Allahumma in kunta ta'lamu Anna hadzal amr (...) khirun lii fi diinii wa ma'aasyii wa 'aaqibati amrii, 'aajilihi wa aajilih, faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baariklii fiih...
wa in kunta ta'lamu Anna hadzal amra syarrun lii fii diinii wa ma'aasyii wa 'aaqibati amrii 'aajilihi wa aajilih, fashrifhu 'annii washrifnii 'anhu. Tsummaqdur liyal khoiro haitsu kaana tsumma ardhini bihi."

Panjang kan? Mending panjang doanya daripada panjang nyeselnya. Tak akan menyesal siapa yang istikhoroh sama Allah dalam setiap urusannya.
Untuk lafad arab dan terjemahnya saya lamirkan di bawah.

4. Jawaban dari istikhoroh tuh bukannya lewat mimpi (mungkin juga ada), bukan juga lewat Ilham apalagi Wahyu..
Kalau ngerasa dimudahkan dalam pilihan yang kita ambil itu tandanya pilihan kita udah bener. Kalu rasanya banyak hambatan berarti pilihan perlu ditinjau ulang..

Selamat beristikhoroh..
Allah Maha tahu yang terbaik buat kita..

Malam Sabtu, 10 Dzulqo'dah 1437/12-8-2016 @ 23.18 wita di kampung halaman (kolut, saya sudah kembali)
#abumuhammad

0 komentar:

Posting Komentar